SMK Martabe Sipirok Berjejaring

 

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Martabe maka Yayasan Marsipature Hutana Be menjalin kerjasama dengan berbagai pihak diantaranya : RSU Sipirok (tempat praktikum Asisten Keperawatan), Honda Indako (tempat praktikum TBSM), Meiko (lembaga pelatihan bahasa Jepang dan penyalur tenaga kerja perawat ke Jepang), IA ITB Sumut (ekstrakurikuler kultur jaringan), Kessaku (lembaga pelatihan dan penyalur program kerja di Jepang sambil kuliah online). SMK Martabe hanya menerima total 60 siswa untuk belajar di SMK Asisten Keperawan dan SMK Teknik Bisnis Sepeda Motor.

Online Seminar Kerja di Jepang

14 Juni 2021

Kembali bekerjasama dengan PT Meiko Edukata, SMK Martabe Sipirok khususnya jurusan Asisten Keperawatan, mengadakan seminar online tentang bekerja di Jepang bagi lulusan SMK keperawatan. Kali ini disampaikan pula informasi pendanaan pendidikan dari Danadidik, sebuah lembaga pembiayaan resmi yang sudah terdaftar di OJK.

Got Talent

22 April – 6 Mei 2021

Selamat kepada 2 siswi SMK Martabe yang kembali berprestasi pada ajang bertaraf Nasional : Got Talent Bidang LKTI, yang diselenggarakan oleh IAIN Padangsidempuan.


Open House SMK Martabe Sipirok

8 April 2021

Dalam rangka penerimaan siswa baru tahun ajaran 2021/2022, SMK Martabe Sipirok mengadakan Open House yang bertujuan memperkenalkan fasilitas sekolah dan lingkungan asrama. Melalui kegiatan ini diharapkan calon siswa memahami keistimewaan bersekolah di SMK dan keunggulan sekolah berasrama.

http://ypmhb.or.id/wp-content/uploads/2021/05/OpenHouse-2021-SMK.html

Self Improvement (Online Seminar)

3 Agustus 2020

Seminar dengan pembicara generasi muda berprestasi :

  1. Oanda Nia Pasaribu, S.Si (1st Winner Paper Competition Musicool Pertamina, 2019)
  2. Yudha Putra Arisandy, S.T (Best Presenter Hokkaido Indonesia Association Scientific Meeting, Japan 2018)

Paparan menarik dari kedua narasumber tentang motivasi dan usaha mereka sampai membuahkan prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Online Seminar

“Bekerja di Jepang untuk Jurusan Keperawatan”

Jum’at, 4 Desember 2020

Lulusan SMK bisa bekerja di Jepang? Bagaimana caranya? Persiapan apa yang perlu dilakukan? Apakah ada pelatihan dan berapa lama? Dimana nanti akan bekerja? Kontrak berapa lama? Fasilitas apa yang didapat selama bekerja di Jepang? Masih banyak pertanyaan lain yang bermunculan setelah siswa-siswi SMK Kesehatan mengetahui bahwa lulus SMK sudah bisa bekerja, di Jepang pula!

Pada seminar online kali ini semua pertanyaan dijawab langsung oleh Ibu Erlina R Hutagalung yang sudah berpengalaman menjadi konsultan pendidikan Jepang sejak 2006. Para peserta program yang sudah lulus seleksi dan siap berangkat juga menjadi narasumber untuk membagi pengalaman selama persiapan dan bagaimana memilih tempat kerja yang cocok. Program yang disampaikan merupakan kerjasama Goverment to Goverment.

International Science and Invention Fair (ISIF)

6 – 9 November 2020

SMKS Martabe Sipirok untuk pertama kalinya mengikuti ISIF sebagai sarana pengembangan ilmu dan bakat siswa/siswi. ISIF merupakan kompetisi gagasan inovasi yang bertujuan mengembangkan inovasi teknologi tepat guna untuk masyarakat sebagai solusi. Setiap tim memberikan gagasan ide inovasi yang berdampak positif bagi manusia, lingkungan, energi, perangkat dan lainnya. Karya disiapkan dalam bentuk tulisan dan simulasi yang kemudian dipresentasikan melalui video kepada dewan juri secara online.

Selamat kepada Devi Yunita Siregar dan Intan Bunga Nurhia, siswi SMK Asisten Keperawatan Martabe yang berhasil menjadi finalis dan mendapatkan Bronze Medal pada kategori Life Science dengan judul proyek “The Effect of Hydrotherapy Soak Foots On Blood Pressure in Hypertention Patients in Sialagundi Village Sipirok Sub Distrcik Tapanuli Selatan”.